Anda Sedang Membaca

Menulis Lagu dan Memproduksi Langsung Lagunya

RMD Admin Tuesday 19 June 2018

MEREKAM IDE LAGU

Ide lantunan intro, reff atau bagian awal lagu terkadang dapat muncul pada saat yang tidak terduga. Bisa jadi pada saat kita liburan, perjalanan, bekerja atau sedang terjadi peristiwa tertentu dalam hidup kita. Itu sebabnya kita sebagai musisi harus mempersiapkan alat/software untuk merekam ide tersebut sebelum ide - ide itu hilang melayang entah kemana..

Untuk zaman sekarang, kita hanya perlu menginstal aplikasi rekam sederhana / voice note pada smartphone atau laptop. Sehingga pada saat muncul ide kita dapat merekamnya dimana saja sebagai catatan awal untuk produksi selanjutnya. Namun jangan lupa setelah merekam di Smartphone / laptop untuk segera mengkopi datanya sebagai backup di hardisk eksternal atau flashdisk untuk mencegah musibah yang tidak terduga. Di video ini musisi terkenal selalu merekam ide lagu mereka dengan smartphone.


Setelah itu biasanya kita mencari lirik yang tepat untuk bagian - bagian lagu tersebut. Sediakan juga aplikasi di smartphone untuk menulis catatan atau selalu menyiapkan kertas kecil dan pulpen kemanapun kita pergi. Dengan kedua hal itu akan mamudahkan kita untuk selalu mengeksplorasi lirik teks yang lain karena teks yang sebelumnya sudah kita simpan.

PRODUKSI LAGU

Bagian ini musisi tersebut sebaiknya memiliki kemampuan bermain piano, karena keyboard piano dapat dengan mudah dihubungkan dengan komputer sebagai midi controler pada aplikasi produksi musik. Karena pada dasarnya kita dapat memilih berbagai suara pada aplikasi produksi musik yang kita kontrol melalui keyboard piano. Misalnya membuat ketukan drum, alunan biola atau suara seruling dan masih banyak lagi.

Sebaiknya juga kita memiliki kemampuan dasar menyanyi. Kenapa begitu ? Jika kita memiliki kemampuan yang satu ini tentu kita bisa langsung menerapkan pada lagu kita dan bahkan mengarahkan penyanyi yang akan menyanyi lagu kita. Masuk logika kan, kita hanya cukup menyanyikan sesuai nada dan mengerti nada dasar lagu.

Dengan memiliki kemampuan yang tadi dibahas, kita dapat dengan mudah menuangkan seluruh ide kita pada lagu yang sedang kita produksi.

 
Copyright 2016-2018 Rumah Musik Desan
Untuk Keperluan Bisnis Hubungi Kami